Home » , » Cara Mudah memperkuat daya ingat anda

Cara Mudah memperkuat daya ingat anda

Assalamu'alaikum....
Selamat sore sobat semua, sore ini saya akan berbagi tentang cara mudah memperkuat daya ingat. Nah sobat mungkin sering sekali kita lupa dalam melaksanakan tugas ataupun diwaktu kita disuruh sama orangtua kita atau pun siapa saja dalam menyuruh kita tapi kitanya sering lupa apa yang disuruh sama orang itu ataupun disekolah atau dikampus. Sudah tentu sobat harus memiliki daya ingat yang bagus untuk memahami setiap pelajaran kalau disekolah. Terutama dalam menghadapi ujian nasional. 

Baca juga

Nah gimana buat kita untuk memperkuat daya ingat kita sob, nah ini penjelasanya sebagai berikut :
  • Rajin menyimak dan membaca kembali, Walaupun tidak semua isi buku yang sobat baca dapat sobat serap, namun sesungguhnya otak merekam apa yang sobat baca. Dan setiap bacaan akan mempengaruhi cara berpikir kita. Semakin banyak kita membaca, maka tingkat pemahaman terhadap isi buku juga meningkat. Pada saat guru atau pembimbing sedang berbicara, simaklah dengan baik-baik. Karena didalam  isi buku akan tiga kali lebih mudah diserap ketika sobat mendengarkan orang yang sedang menjelaskannya ketimbang sobat yang membaca sendiri isi buku tersebut. Daya ingat juga akan meningkat ketika kita mencatat apa yang mereka katakan.
  • Memberi Nutrisi pada otak, Makanan adalah hal yang terpenting bagi remaja dalam masa pertumbuhannya. Namun, seringkali ini diabaikan. Ingin terlihat langsing menjadi alasan mereka untuk melakukan diet yang tidak dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Mereka seringkali menganggap bahwa semua makanan dapat menyebabkan kegemukan. Padahal makanan memberikan nutrisi bagi tubuh sobat terutama otak. Jika sobat tidak memberikan nutrisi kepada otak sobat, maka daya pikir dan daya ingat sobat akan melemah. Sehingga sobat tidak dapat belajar dengan baik. Tips saat sobat  berada di sekolah sementara perut Anda merasa sangat lapar adalah dengan kunyahlah permen yang manis. Mengapa demikian? Permen itu manis karena mengandung glukosa. Dan glukosa merupakan nutrisi utama bagi otak. Sehingga otak sobat akan tetap bisa konsentrasi belajar.
  • Tulislah dan ceritakan kembali, Menulis apapun yang baru saja sobat simak sangat membantu meningkatkan pemahaman hingga lima kali dibandingkan hanya membacanya. Sebenarnya saya sedang menuliskan apa yang saya dapat sesaat setelah membaca sebuah buku yang menerangkan tentang bagaimana cara memperkuat daya ingat. Menceritakan apa yang baru saja sobat simak bahkan dapat meningkatkan daya pemahaman hingga tujuh kali ketimbang kita hanya membacanya. Itu karena saat sobat menceritakan kembali, segalanya yang sobat dapat dari buku itu akan sobat katakan dengan sendirinya. Bahkan itu belum terpikirkan oleh sobat sebelumnya. Saat bercerita, otak kita akan bekerja lebih keras ketimbang saat kita menulis.
  • Memakan makanan yang dapat meningkatkan daya ingat, dalam setiap hari, banyak sel-sel otak yang mati dan terus-menerus dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Sobat dapat mencegah penurunan jumlah sel dalam otak. Salah satu caranya adalah dengan makan makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan dapat mencegah daya rusak radikal bebas pada otak sehingga sel-sel otak tetap dapat berfungsi dengan baik. Banyak sekali buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti strawberry, blueberry, bayam, tomat, alpukat, dll.
  • Mempraktekkan, Pernahkah sobat  bertanya-tanya mengapa setiap pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) harus dipraktekkan dan harus ada praktikum? Itu karena para pembuat kurikulum paham bahwa ketika kita mempraktekan apapun yang kita baca, maka itu akan meningkatkan pemahaman hingga sembilan kali daripada saat kita hanya membacanya saja. Selain itu, yang sobat  pelajari tersebut akan masuk ke Long Term Memory alias ingatan jangka panjang. Jadi, sobat  dapat mengingatnya dalam waktu yang lebih lama bahkan sulit untuk dilupakan. Oleh karena itu, sobat harus mempraktekkan apapun yang baru saja sobat pelajari dan sobat baca.
Sumber : Ridwan, Muhamad. 2006. Memperkuat Daya Ingat. Bandung: Fajar Publishing House 

Semoga apa yang saya bagi dapat bermanfaat buat sobat semua dan bisa mempertajam lagi daya ingat sobat untuk selalu ingat ingat dan ingat...hehhe
Semoga bermanfaat yahh.....

Thanks for reading & sharing Gararoblog

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Popular Post

Pengikut

Total Tayangan Halaman